Sulit dan mahalnya membeli rumah di perkotaan membuat banyak orang memilih tinggal di daerah pedesaan. Mereka yang bekerja di perkotaan, lebih memilih tinggal dengan menyewa rumah atau kontrakan, dan mengumpulkan uangnya untuk membeli rumah di pedesaan.

Selain harganya terjangkau, suasananya yang masih asri dan sejuk menjadi alasan mereka membeli rumah di pedesaan. Selain itu, tinggal di pedesaan akan membuat hati tenang karena jauh dari kebisingan, bahkan kemacetan lalu lintas. Namun demikian, tidak semua orang betah tinggal di pedesaan. Berikut kelebihan dan kekurangan beli rumah di pedesaan :

 

  1. Harga properti masih murah

Tidak diragukan lagi, harga properti di daerah pedesaan jauh lebih terjangkau daripada di perkotaan. Ini menjadi salah satu alasan utama, banyak orang berencana untuk pindah dari kota ke desa yakni mereka dapat menghemat anggaran. Perbandingannya, jika mereka dapat membangun 1 kamar tidur apartemen di kota, maka dengan uang atau anggaran yang sama mereka dapat membangun 4 kamar tidur sekaligus di desa. Di daerah pedesaan, Anda juga dapat membeli lebih banyak tanah daripada yang dapat dibeli di kota.

Harga tanah di perkotaan sudah terlampau tinggi karenanya desa menjadi solusi bagi Anda yang memiliki anggaran terbatas namun ingin punya tanah dan bangunan luas.

 

  1. Lebih sedikit persaingan Harga

Biasanya harga lahan lebih rendah di daerah pedesaan karena persaingan jauh lebih sedikit dibandingkan dengan perkotaan. Jika menemukan tempat yang disukai di pedesaan, kemungkinan tidak akan terlibat dalam perang harga dan penawaran. Sebaliknya, justru berkesempatan untuk mendapatkan harga yang lebih baik sesuai dengan keinginan.

 

  1. Lebih banyak ruang untuk tumbuh

Sebagian besar properti pedesaan dilengkapi dengan tanah, yang dapat digunakan untuk memperluas rumah, bercocok tanam, memelihara hewan, atau menambah bangunan, selama tetap mengikuti peraturan setempat. Peraturan dan hukum biasanya jauh lebih lunak di daerah pedesaan, memungkinkan untuk membangun dengan lebih mudah, atau menyewakan properti pada layanan seperti Airbnb tanpa menegosiasikan aturan yang ketat.

 

  1. Kehidupan yang tenang Aspek pribadi

Perpindahan dari kota ke daerah pedesaan juga sangat penting bagi kenyamanan hidup. Jika mendambakan udara segar, pemandangan alam, dan komunitas yang lebih dekat, kehidupan pedesaan bisa menjadi hal yang sempurna. Ini juga ideal bagi mereka yang ingin menjadi lebih mandiri dan bisa menjadi cara yang cocok untuk kembali ke alam.

 

Selain kelebihan, tinggal di pedesaan juga memiliki kekurangan yang mesti diketahui, berikut di antaranya:

  1. Layanan publik lebih sedikit dan terbatas

Salah satu kekurangan tinggal di pedesaan adalah adanya pelayanan publik yang lebih sedikit dan aksesnya terbatas. Untuk mengurus pelayanan publik apa pun kita harus pergi ke pusat pelayanan yang notabene lokasinya jauh dari tempat tinggal. Hidup di pedesaan menuntut kita untuk memiliki kendaraan pribadi, karena transportasi umum kemungkinan akan sulit terjangkau.

 

  1. Utilitas rumit di kota

Anda tidak perlu khawatir tentang air, listrik, gas, atau utilitas dasar lainnya, semuanya diurus oleh pemerintah kota. Di daerah pedesaan, biasanya tidak demikian. Air kemungkinan besar berasal dari sumur pribadi, jadi sebaiknya lakukan pemeriksaan kualitas sebelum diminum. Limbah umumnya diolah secara pribadi dengan septictank, yang membutuhkan perawatan dasar dan pemantauan setiap beberapa tahun. Kita mungkin akan mengalami mati lampu lebih lama daripada di kota. Ada baiknya memiliki cadangan, seperti generator, atau tungku pembakaran kayu. Terakhir, opsi jaringan internet dan ponsel mungkin jauh lebih terbatas daripada di kota.

 

  1. Lebih banyak perawatan

Memiliki tanah mengharuskan kita untuk memeliharanya. Dari pagar hingga bangunan luar, dan bahkan elemen dasar rumah. Kita harus memastikan bahwa rumah steril dari hama, dan hewan berbahaya lainnya. Tinggal di pedesaan biasanya dikelilingi sawah, kebun dan rumah yang masih jarang. Ini tugas dan pekerjaan yang harus diselesaikan jika tinggal di desa.

  1. Kesempatan kerja sedikit

Tinggal di daerah pedesaan berarti akan ada kesempatan kerja yang jauh lebih sedikit dibandingkan dengan kota. Jika kita dapat bekerja dari jarak jauh, ini tidak selalu menjadi masalah, tetapi jika tidak, mungkin kesulitan untuk menemukan pekerjaan tetap. Kedamaian dan ketenangan kehidupan pedesaan tidak cocok untuk semua orang, dan keterpencilan bisa menjadi masalah jika kita mulai mendambakan kehidupan kota lagi. Pikirkan baik-baik apakah kehidupan pedesaan cocok untuk Anda dan luangkan waktu untuk mempertimbangkannya matang-matang sebelum membuat keputusan.

 

Sumber : Kompas.com